Kamis, 21 Oktober 2010

Permintaan Perkantoran Tinggi, Suplai Minim

DIJUAL gedung kantor:
Perekonomian Indonesia yang diprediksi semakin membaik pada 2011 membuat bisnis perkantoran semakin menjanjikan. Permintaan segmen perkantoran pada kuartal III-2010 naik hingga 20 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

"Sektor office tower di kuartal ini paling booming," kata Vice President Coldwell Banker, Dwi Novita Yeni, di kantornya, Jakarta, Kamis 21 Oktober 2010.

Menurut Novi, permintaan kantor masih didominasi di kawasan pusat bisnis (Central Business District/CBD) Sudirman, Thamrin, dan Kuningan. Untuk sektor perkantoran, tingkat permintaan meningkat menjadi 54 ribu meter persegi (m2) dari 45 ribu m2 pada 2009.

Namun, pertumbuhan permintaan ternyata tidak dibarengi tingkat suplai perkantoran. Banyak proyek-proyek perkantoran yang telah melakukan pemasangan tiang pancang (ground breaking) pada 2008-2009, lalu terhambat akibat hantaman krisis global.

Novi memperkirakan, pada kuartal keempat tahun ini permintaan terhadap kebutuhan kantor akan lebih tinggi. Tapi, pasokan area sedikit. Untuk kuartal ketiga, kenaikan pasokan area hanya 6.000 m2. Padahal, permintaan sangat tinggi.

"Yang tadinya diperkirakan rampung tahun ini, mundur jadi 2011-2012. Pada kuartal ini hingga awal kuartal keempat, stok untuk kantor tidak ada," katanya.

Menurut Novi, para penyewa kantor didominasi perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, asuransi, serta minyak, dan gas alam. Sementara itu, pada akhir tahun banyak perusahaan besar yang sewa gedungnya sudah habis, dan akan mencari kantor yang lebih besar.

"Mereka mau ekspansi mencari gedung baru yang lebih luas, karena perusahaannya semakin besar," katanya.
Senada dengan Novi, Head of Strategic Business Development Coldwell Banker Commercial, Albert DW, mengatakan para pengusaha properti harus dapat memanfaatkan momentum itu.
Dia menjelaskan, bisnis properti di bidang perkantoran selama tahun depan masih akan positif, karena perusahaan penyewa telah mempunyai rencana bisnis yang panjang.

"Setiap perusahaan kalau mau menyewa kantor pasti sudah direncanakan jauh hari sebelumnya," ujarnya. (art)
• VIVAnews

dijual tanah cocok untuk perkantoran:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...